Rabu, 21 Maret 2018

PERKULIAHAN PERDANA MATAKULIAH MANAJEMEN KEBIJAKAN PENDIDIKAN



PERKULIAHAN PERDANA
MATAKULIAH MANAJEMEN KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Hari Karyono *)

Kebijakan pendidikan merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman dan keahlian  komprehensif kepada mahasiswa secara konseptual dan praktis mengenai teori kebijakan dan  kebijakan pendidikan serta analisanya secara utuh pada formulasi, implementasi, monitoring dan evaluasi suatu kebijakan pendidikan.
Manajemen Kebijakan Pendidikan adalah bagian dari Manajemen Pendidikan. Idealnya diharapkan mahasiswa dapat menjadi seorang perumus kebijakan pendidikan. Lebih lanjut, diharapkan dapat mengambil peran yang besar dalam memberikan koreksi berbagai kebijakan pendidikan. Oleh karena itu, studi kebijakan pendidikan akan memberikan dasar yang kuat bagi seorang analisis kebijakan pendidikan. Profesi analisis kebijakan pendidikan ini merupakan bidang kajian yang mulai berkembang dan merupakan peluang bagi ilmuwan manajemen pendidikan.
Matakuliah Manajemen Kebijakan Pendidikan ini disajikan selama 1 semester. Tetapi bagi mahasiswa yang menempuh gelar M.KPd, Manajemen Kebijakan ditempuh selama minimal 4 semester (2 tahun).
Matakuliah ini merupakan salah satu bekal bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana suatu kebijakan dirumuskan, diimplementasikan dan dievaluasi. Bagi mahasiswa yang khusus mengambil Magister Pendidikan, kebijakan-kebijakan yang sudah dilaksanakan di sekolah dijadikan tema judul tesis. Seperti masalah PPDB, dsbnya.
Masalah kebijakan pendidikan, dalam skala makro (nasional) kebijakan diterbitkan oleh pemerintah. Beberapa kebijakan pemerintah antara lain Pendidikan Karakter, Fullday School, dsbnya. Dalam struktur organisasi, kementerian yang membidangi pendidikan ada dua kementerian. Yaitu, Kemenristekdikti dan Kemendikbud. Dengan kementerian yang berbeda dan nachkoda (menteri) yang berbeda, permasalahan yang dihadapi pun berbeda pula.
 Mengkaji kebijakan pendidikan pada hakikatnya diawali dengan identifikasi permasalahan pendidikan. Sedangkan berbicara permasalahan pendidikan adalah persoalan yang kompleks. Permasalahan pendidikan, muaranya pada satu masalah pokok yaitu mutu pendidikan.


*) Dr. Hari Karyono, M.Pd adalah dosen pengampu matakuliah Manajemen dan Kebijakan Pendidikan.















 















2 komentar:

  1. Penyajian yg super dan memukau tapi perlu ditingkatkan lagi, karena disetiap yang baik pasti ada yg lebih baik dan ditiap yg lebih baik pasti ada yg paling baik... hehehe

    BalasHapus
  2. Terima kasih komentarnya. Pasti harus saya ditingkatkan content-nya sesuai perkembangan mutkahir.

    BalasHapus

REFORMASI PENDIDIKAN: UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

REFORMASI PENDIDIKAN: Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Hari Karyono*) Memperhatikan potret pendidikan nasional saat ini. Da...